Drama populer Moonlight Drawn by Clouds telah selesai ditayangkan dan aku akan sedikit memberikan review drama ini.


Drama ini didasarkan pada web novel berjudul sama  “Moonlight Drawn By Clouds” karya Yoon Yi Soo dan diilustrasikan oleh kk yang awalnya diterbitkan online dari 3 Oktober-2013 - 10 -Oktober-2014 pada naver.com.Drama ini dibintangi Rising Star Park Bo Gum yang popularitasnya meroket berkat drama Reply 1988 dan aktris remaja Kim Yoo Jung . Pemeran utama pria kedua adalah Jin Young dari B1A4. Awalnya peran Yoon Sung diberikan kepada Yook Sung Jae BTOB namun ditolak dengan alasan jadwal bentrok hingga akhirnya jatuh ke tangan Jin Young.


Drama ini merupakan kolaborasi kedua antara sutradara Baek Sang-hoon, sinematografer Kim Si-hyeong dan music director Gaemi setelah bekerja sama pada drama mega hit Descendants of the Sun.Mungkin inilah salah satu penyebab drama ini juga populer selain karena sindrom Park Bo Gum.


Dalam konferensi pers yang diadakan pada 18 Agustus 2016, sutradara Kim Sung-yoon menunjukkan bahwa meskipun drama berlatar belakang di abad ke-19, drama ditujukan untuk  menciptakan romantisme yang cukup dan menarik tapi juga sedih.Drama  ingin pemirsa untuk dapat merasakan  emosi yang ditampilkan daripada meluncurkan sebuah pesan politik. Sayangnya bagi sebagian orang mungkin bagi aku yang minoritas emosi percintaan yang ditampilkan dalam drama kurang terasa karena pemilihan Kim Yoo Jung sebagai pemeran utama wanitanya. Bukan karena aku tidak menyukai Kim Yoo Jung loh, malah dari 3 trio Big Kim ( Kim Yoo Jung , Kim Sae Ron dan Kim So Hyun ) aku paling suka dengan Kim Yoo Jung. Aku hanya merasa Kim Yoo Jung terlalu kecil untuk bersanding dengan Park Bo Gum walau didrama memang diceritakan perannya berusia 18 tahun. Tapi melihat mereka berkasih-kasihan dilayar seperti melihat kakak adik sehingga nggak merasakan getaran asmara mereka.


Terlepas dari aku yang kurang feel dengan drama ini, Moonlight Drawn by Clouds adalah drama yang sangat populer . Drama ini diberi pujian oleh para kritikus dan penonton untuk akting pemainnya, penyutradaraan  dan musiknya. Menurutku ya mungkin masalah selera aja ya masing-masing orang berbeda hehehe.Saking populernya drama ini sampai media Korea menjulukinya "Moonlight Syndrome".Karena peringkat penonton yang tinggi dan kepopuleran drama, KBS menegosiasikan untuk memperpanjang episode dari 18 menjadi 20 namun ditolak dengan alasan bahwa kerangka cerita sudah ditata dan itu hanya akan menghasilkan komplikasi jadwal masing-masing dengan para pemain dan kru


Akibat kepopuleran drama , penjualan novel mengalami peningkatan 56% dan bahkan diterjemahkan ke bahasa mandarin dan juga direncanakan akan diterjemahkan ke bahasa Jepang dan Thailand.KakaoTalk merilis edisi terbatas stiker digital Moonlight dan tiga dari pakaian Raon dibuat tersedia untuk pembelian di game mobile "I Love Nicky".  Gelang couple Yeong dan Raon yang ditampilkan dalam drama juga dirilis sebagai merchandise resmi. Moonlight juga telah diparodikan di acara seperti Saturday Night Live Korea dan The Return of Superman.  Pada bulan September 2016, KBS Media memperoleh hak untuk mengadaptasi Moonlight menjadi produksi musikal. 


OST drama ini juga populer , Park Bo Gum juga mengisi OST drama ini loh judulnya  My Person. Aku paling suka lagu Gummy dan Lee Hi feat 


Drama ini berakhir dengan Happy Ending walau tidak semua akan senang karena karakter Yoon Sung meninggal, tapi secara keseluruhan episode akhir  memenuhi perannya sebagai  episode final. Semua karakter jahat menerima ganjarannya dan tidak terkesan terburu-buru di penutupan.Sebenarnya menurutku kematian Yoon Sung agak sia-sia , bukankah untuk melindungi Ra On tidak harus mengorbankan nyawanya dengan sengaja begitu .Semua orang yang berniat membunuh Ra On adalah bawahan ayahnya bukankah seharusnya ia bisa mengendalikan mereka ?? atau jika tidak bukankah ia sudah mengetahui lebih dulu perintah membunuh Ra On jadi ia bisa saja memberitahu Ra On dan membawa Ra On kabur menyelamatkan diri. Hal yang sama juga aku rasakan ketika karakter Kim Byung Hun mengorbankan dirinya melindungi Ra On saat ia menyandera putra mahkota dengan pedangnya. Ia seharusnya bisa saja mengatakan pada putra mahkota ia melakukannya untuk melindungi Ra On dan putra mahkota seharusnya bisa saja memerintahkan semua prajuritnya untuk tidak membunuh Byung Hun.Tapi putra mahkota hanya berteriak menangis seolah tak punya daya apa-apa melindungi bawahannya. Masa putra mahkota sebegitu tak punya kuasanya ketika dihadapkan dengan prajuritnya sendiri??. Atau jika tidak putra mahkota bisa meminta Byung Hun untuk tetap menjadikannya sandera dan membawanya ke tempat aman kalau dia memang berniat melindungi bawahannya dengan segala cara .Beruntung Byung Hun masih hidup akhirnya.


Drama ini demi memenuhi keinginan  Happy Ending penonton telah benar-benar mengabaikan sejarah .Fakta Yeong akhirnya menjadi raja sangat bertolak belakang dengan kenyataan.Karena dia tidak pernah menjad raja dalam kehidupan nyata, tapi itu menyenangkan untuk melihat dia benar-benar menjadi raja yang dicintai rakyatnya .Disejarah nyata disebutkan bahwa putra mahkota tidak pernah mendapatkan kesempatan menjadi penguasa mengagumkan . Ia akhirnya tewas karena tragedi besar .Namun jika penulis bisa memberi  twist cerdas tanpa mengabaikan sejarah tapi juga memberikan akhir Happy Ending seperti yang diharapkan penonton mungkin akan lebih baik . Misalnya dengan cerita pangeran memalsukan kematiannya demi bisa menikahi Hong Ra On dan hidup bahagia sebagai rakyat biasa. Ya terlepas dari itu bukankah ini drama sejarah fantasi dan itu baik-baik saja jika melenceng dari sejarah .



INFO :
Title: 구르미 그린 달빛 / Moonlight Drawn by Clouds
Chinese Title: 雲畫的月光
Also Known as: Love in the Moonlight
Genre: Historical, Romance, Comedy
Episodes: 18
Broadcast network: KBS2
Broadcast period: 2016-Aug-22 to 2016-Oct-18
Air time: Monday & Tuesday 22:00
Production company: KBS Media
Executive producer: Kang Byung Taek
Producer: Yoon Jae Hyuk
Director: Kim Sung Yoon and Baek Sang Hoon
Screenwriter: Kim Min Jung and Im Ye Jin



Cast

Main Cast

Park Bo Gum as Lee Yeong (later Crown Prince Hyomyeong)
– Jung Yoon Suk as Lee Young (child)
Kim Yoo Jung as Hong Ra On
– Kim Ji Young as Ra On (child)
Jin Young as Kim Yoon Sung
– Lee Hyo Je as Yoon Sung (child)
Chae Soo Bin as Jo Ha Yeon (later Crown Princess Jo)
Kwak Dong Yun as Kim Byung Yun
– Noh Kang Min as Byung Yun (child)

Palace

Kim Seung Soo as King Sunjo
Jun Mi Sun as Royal Consort Suk Ui
Jung Hye Sung as Princess Myung Eun
Heo Jung Eun as Princess Young Eun
Jung Yoo Min as Wol Hee

Kim Clan

Chun Ho Jin as Kim Hun (Yoon Sung’s grandfather)
Han Soo Yun as Queen Kim (Kim Hun’s daughter)
Park Chul Min as Kim Eui Gyo
Bang Joong Hyun as Kim Geun Gyo

Jo Clan

Lee Dae Yeon as Jo Man Hyung (Ha Yun’s father)

Eunuchs

Jang Kwang as Han Sang Ik
Lee Joon Hyuk as Eunuch Jang
Tae Hang Ho as Do Gi
Oh Ui Shik as Sung Yeol
Jo Hee Bong as Eunuch Sung
Choi Dae Chul as Ma Jong Ja

Others

Ahn Nae Sang as Jung Yak Yong
?? as Jang Gi Baek
Ahn Se Ha as Jung Duk Ho
Jung Hae Kyun
Kang Ki Doong (강기둥)
Kim Jong Goo (김종구)
Kim Ki Chun
Kim Byung Chul
Cha Joo Young (차주영)

Cameo

Cha Tae Hyun
Jo Yeo Jung
Lee Moon Shik
Kim Yeo Jin
Jung Suk Yong
Seo Jung Yeon


Trailer :





Sinopsis :

 Hong Ra On (Kim Yoo Jung ) dipaksa ibunya hidup sebagai pria sejak kecil dan diberi nama Hong Sam Nom. Hong Ra On sebenarnya kecewa dan sedih hidup sebagai laki-laki yang membuatnya tak bisa berdandan cantik dan memakai baju-baju cantik seperti anak perempuan pada umumnya.

Suatu hari ia terpisah dari ibunya dan ia kemudian dibesarkan oleh seorang pemain sandiwara keliling. Karena hutang ayah angkatnya Hong Sam Nom diculik dan dijual secara paksa untuk menjadi kasim.Memang sudah  nasib ia yang notabene wanita bisa lolos ujian dan pemeriksaan menjadi kasim. Ia ditugaskan melayani putra mahkota yang secara mengejutkan adalah orang yang ditemuinya dalam insiden kurang menyenangkan sebelumnya.

 Kim Yoon Sung ( Jin Young ) adalah cucu perdana menteri dan teman putra mahkota namun sekarang hubungan mereka renggang. Kim Yoon Sung segera mengetahui bahwa Hong Sam Nom adalah wanita pada pandangan pertama dan ia menjadi tertarik padanya . Cinta segitiga Putra mahkota , Hong Sam Nom dan Kim Yoon Sung dimulai dan segalanya menjadi rumit ketika diketahui bahwa Hong Sam Nom yang aslinya bernama Hong Ra On adalah putri pemberontak yang selama ini menjadi musuh besar keluarga kerajaan.


Piku-Piku :









 




2 komentar:

Selvia Sari mengatakan... Selasa, 25 Oktober 2016 07.24.00 WIB

Jatuh cinta sama Bo Gum sejak nonton ini!
Jadi pengen nonton Reply 1988 gara-gara Bo Gum. Wkwkw

Widia Sari mengatakan... Rabu, 26 Oktober 2016 19.13.00 WIB

Pallii cingu nonton Reply 1988 dijamin makin lope2 sama Park Bo Gum :-)

Posting Komentar

Cingudeul Jangan Lupa tinggalkan Komentarnya ya, biar admin semakin semangat nge Blog ^_^

 
Widipedia Korea © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top